Wednesday 1 April 2015

Perantau Sulit Air pulang basamo tahun ini

Sholat Id'l Fitri bersama para ribuan sanak saudara di lapangan Koto Tuo
          Menebus amanat dari hasil Mubes SAS tahun 2013 yang silam, kesepakatan dari para utusan 74 cabang SAS seluruh Indonesia dan luar negeri perlu diselenggarakan nya moment pulang basamo khusus para perantau Sulit Air. Pada tahun ini DPP SAS memang tidak mengadakan Mubes namun diganti dengan nama nya Mukernas SAS dimana selalu diadakan di perantauan. Mukernas lebih pokok membahas kepada hasil program kerja masa lalu serta perencanaan program kegiatan yang akan datang. Untuk pemilihan ketua umum DPP SAS tahun ini ditiadakan karena forum nya nanti ada dalam hasil Musyawarah Besar SAS pada tahun 2017 nanti di kampung halaman.

          Pada hari sabtu tanggal 28 maret 2015 bertempat di lantai empat gedung DPP SAS Saharjo diadakanlah pertemuan perdana, pembentukan panitia pulang basamo SAS dan IPPSA. Sebelum nya sudah ditunjuk ketua panitia nya bapak Drs. Saifullah Nurjas seorang akademisi yang cukup tegas akan pendirian nya. Dangan penuh semangat dan tanggung jawab beliau siap mengemban tugas tersebut, pada hari itu sekalian dibentuk seksi-seksi acara yang akan diselenggarakan nanti di kampung halaman.


Ketua panitia pulang basamo - Bapak Syaiful
          Untuk memudahkan kerja ketua juga dibantu oleh seorang wakil ketua yakni bapak Dasril Mogek sampono (ketua Korwil SAS DKI-Jabar) yang telah berpengalaman, sebagai sekretaris diemban oleh kanda Armen Suinta cp: 08129667681 jika ada dari cabang SAS bertanya nanti silahkan hubungi. Dalam pertemuan tersebut ada 6 koordinator yang akan dibentuk seperti olah raga, kesenian dan hiburan, pembukaan dan rapat mukernas, perlengkapan dan sponsor, Humas & publikasi serta ada juga seksi adat budaya & pengabdian masyarakat.  Untuk koordinator olah raga dipimpin oleh bapak Efsuanzi Fauzi dibawah nya ada sub olah raga bola: kanda Usmanto. olah raga Futsal : DPP IPPSA (adinda Rizki). Kesenian dan hiburan di balailamo nanti bisa menghubungi bapak Hendri Lusandi, Rudi (Mancini) Saputra dan uni Devi Novita. Seksi Humas ada bapak Ade Usman, Ade harto, Aprizal & Hamdani. Panitia Mukernas dibawah arahan Pinto Multison Dt. Malin Panghulu, serta seksi pengabdian masyarakat bapak Ir. Syamsuri ali Dt. Bagindo kayo. Khusus kepada panitia yang berada dikampung halaman dipimpin lansung oleh Wali nagari beserta staf-staf dan dibantu juga 13 kepala jorong yang ada.

          Ada satu koordinator yang masih baru dan asing ditelinga kita seperti pengabdian masyarakat, ini menjawab dari tindak lanjut kehadiran ibu wali nagari di rapat tersebut. Harapan beliau mungkin segenap warga yang tinggal disekeliling Gunung Merah, jika diadakan pulang basamo tolong juga meninggalkan kenangan berarti bagi nagari. Contoh nya seperti seluruh DPC SAS dapat membawa 3000 atau 5000 bibit pohon jambu monyet, pisang batu atau apalah sebagai penyubur dan tanah di kampung dapat menyimpan air nanti nya. Mungkin himbauan yang paling standar sekalipun, bibit pohon tersebut silahkan ditanam dihalaman rumah masing-masing atau di kebun sendiri. Banyak lahan dikampung yang gersang dan tandus jika ditanam dipinggir jalan seluruh nagari Sulit air, bukan saja menjadi subur tapi enak dipandang dimata.
Mukernas SAS terakhir yang di adakan diSentul Bogor, hadir saat itu 63 cabang dan tokoh nasiopnal lainnya
          Melihat kalender nasional yang ada  seperti nya hari raya idul fitri jatuh pada hari jumat. Biasanya waktu dimanfaatkan dalam perjalanan plus pulang basamo nya berlansung selama 7 hari sampai 10 hari, dimulai dari H-5 sampai H+5. InsyaAllah jika tidak ada perubahan Mukernas SAS akan dibuka pada hari sabtu, selanjut nya diisi acara tambahan dan menyemarakan nagari seperti bola kaki di Koto Tuo, Futsal dan bulu tangkis, malam kesenian IPPSA di balai lamo, (direncakanan) diskusi peran adat serta program penanaman bibit pohon jambu monyet. Jika memungkinkan nanti bisa juga peresmian Siger Suliek Aie di puncak gunung merah, kunjungan wisata ke puncak batu galeh di jorong Taram, serta peresmian  renovasi masjid raya Sulit Air.

          Juga tidak kalah penting nya sebagai penerus bangsa kepemimpinan DPP IPPSA juga akan ada pemilihan ketua umum nya, semoga membawa kebangkitan pelajar yang lebih peduli terhadap program sosial, pendidikan dan nagari nanti nya. Selain itu dengar kabar bahwasanya setelah lebaran tersebut persukuan Piliang dan Limo Singkek juga akan baralek gadang untuk pengangkatan atau palewaan para datuk-datuk, tidak itu saja Alumni SMA negeri Sulit air juga kan mengadakan reuni ,ada juga Alumni SMP ,alumni  Tsanawiyah muahmmadiyah balik Parit, Alumni PSA Gando, Alumni MAM Sawitan semua itu dalam rangka mempererat silaturrahim kita semua. 
Acara babaliek ka nagari tahun lalu
          Bahkan yang terbaru akan di planning oleh sejarahwan Sulit Air yakni bapak Hamdullah Salim perlu kiranya nagari Sulit Air yang memperingati hari kelahiran nya yang jatuh pada tanggal 28 april tahun 1921. Menurut data yang beliau punya Nagari Sulit Air termasuk bagian dormitory pejuang kaum paderi dalam menghadapi agresi Belanda, 190 tahun yang lau nagari sulit air menjadi bagian yang sangat penting bagi para penjajah hingga perlu mengerahkan pasukan besar untuk membumi hanguskan nagari. Tentu ini balik kapada kesepakatan bersama, sejauh mana bukti dan otentik nya nilai sejarah dan untung universal nya bagi nagari memperingati hari lahir nagari ini.

           Semoga dengan semangat prinsip KWK (kemauan, waktu dan keikhlasan) yang disuarakan oleh ketua korwil DKI hendaknya kompak panitia ini nanti nya serta  dapat menghasilkan kerja dan kesuksesan bersama untuk nagari. Diharapkan agenda pulang basamo yang tersisa 4 bulan lagi mampu mempererat persaudaraan dan memperkuat nilai-nilai sosial dan nilai adat dalam pergaulan kita sehari-hari. Mari sukseskan untuk selalu terlibat dalam kebersamaan ini, minimal kehadiran kita dan sanak sodara di perantauan mampu memberi kebajikan bagi warga yang dikampung. Kehadiran sanak soudara yang sudah lama tidak pulang juga bisa mengobati kerinduan  serta bisa sedikit berbagi rizki walau sedikit tapi bernilai manfaat. Amin.


--- Sekian ---

3 comments:

  1. mau nya buat website SAS nyo da... jangan pakai blog.......buat website nya biar gampang sanak jo saudara awak mandangaan informasi. baik dari kampuang atau dari rantau.

    ReplyDelete
  2. Tarimo kasih usulan nya.... rencana memang iya, namun berhubung Dana & kemampuan awk belum mencukupi. Nikmati yang seperti ini dulu aj, lagi pula ... awk hanya membantu memberitakan warga kita dimana saja, tanpa bayar & dibayar :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete