Thursday 12 March 2015

Pak Nasrul pemberi inspirasi


           Masih ingat dengan bapak Nasrul alias Mak Nai (saudara sekampung memanggil beliau) yang tiba-tiba jadi terkenal ketika pertengahan awal November tahun 2014 lalu ? Hal itu diungkap pertama oleh situs www.merdeka.com diikuti oleh banyak media lain nya, yang menampilkan berita inspiratif juga perjalanan hidup yang mengharukan.Biar yakin coba cari di mbah gogel ketik "pak Nasrul tukang photo" pasti banyak kisah nya diceritakan.

         Perjalanan hidup beliau cukup memilukan bagi republik ini, disaat sudah berusia senja seluruh sisa tenaga beliau tumpahkan pengabdian dalam sikap pantang menyerah. Banyak lagi Nasrul - Nasrul yang lain di pelosok negeri ini belum terekspose. Semoga nanti kisah pak Nasrul ini bisa menanamkan kepedulian bagi sekeliling kita. Asa kita sampaikan kepada pihak pemda, nanti nya bisa membuat nasib dan peruntungan masa tua sodara-sodara yang lain  lebih terjamin terutama dari pemerintah.

          Bapak Nasrul saat ini hanya tinggal sendiri terpisah dari saudaranya di daerah pasar rumput yakni di gedung SAS Menteng. Namun untung disana beliau banyak memiliki teman dan dunsanak. Bukan nya beliau tidak memiliki saudara ditanah Betawi ini, bahkan ada salah seorang keponakannya rela mengorbankan waktu dan materi untuk merawat sang Datuk ini. Namun karena sifat pejuang dan keras hati untuk hidup mandiri, semua bantuan itu beliau abaikan. 
Memperlihatkan photo sebuah rumah, di kampung halaman nya
          Sempat pula beberapa kali dipulangkan ke kampung halaman nagari Sulit Air, tidak berapa lama kembali lagi ke rantau Jakarta. Bahkan awal Januari kemaren, ketika wajah nya menghiasi media internet sempat mau digaruk oleh dinas Sosial pemda DKI dikira seorang tuna wisma dan pemulung, untung semua teman-teman beliau membela nya. Happy nya setelah itu, pihak pemda tak lupa memberikan bungkusun sembako untuk beliau.

         Sekarang ini dimasa tua nya, hanya melekat sebuah kamera lama yang jadi mata pencaharian sehari-hari dan tas nya dijadikan alas kepala untuk tidur. Disaat teknologi semakin canggih, kamera yang beliau gunakan boleh dibilang sudah ketinggalan zaman. Upah yang beliau terima juga jauh dari kata memuaskan, karena hasil photo selesai nya 3 harian tidak banyak orang yang memakai jasa nya. Tetapi jangan sepelekan orang Limo Singkek ini, dari hasil lensa nya pulalah publikasi warga SAS diperantauan ini dulu terekpose dan menjadi rujukan berita untuk warga kita. Hanya karena suratan takdir dari yang Kuasa, membuat nasib beliau sedikit kurang beruntung dari yang lain nya.

           Saat ini pengurus SAS Menteng menerima beliau dengan baik, menjadikan gedung ini sebagai peristirahatan untuk memulai rutinitas bekerja setiap hari di daerah Mall Ambasador  dan Plaza Festival Kuningan. Bahkan ketika masuk rumah sakit Persahabatan Rawamangun selama beberapa waktu lalu, teman-teman SAS beliau lah yang ikut andil merawat disamping keluarga nya yang selalu ikut memantau.

          Datuk Nasrul yg hampir berusia 80 tahun ini, sekarang sudah banyak ditemani oleh sodara-sodara kita yang lain diluar sana, boleh jadi beliau tidak mengharap belas kasihan tapi terus terang membuat hati kita terusik menebus jiwa juang untuk nya. Jika ada sodara merasa sekampung yang berempati silahkan sisihkan hasil usaha anda untuk mak Nai ini, niscaya tidak akan berkurang harta yang sudah diberikan Allah kepada kita.
Pak Iqbal seorang karyawan, rela berbagi walau belum kenal sebelum nya
          Ketika beliau sibuk dengan jepretan untuk mencari penghidupan sesuap nasi, justru dari lensa teman-teman dunia maya juga beliau sekarang menjadi cukup terkenal sampai saat ini. Seperti di populerkan salah satu teman FB Iqbal Fahri di laman facebook nya, penuh dengan cerita pak Nasrul serta sudah di share 15 ribu orang. Minimal kisah beliau bisa menjadi sebuah rujukan dan peringatan bagi yang muda-mudi bahwa jangan lelah berjuang, lalui hidup mu dengan kemauan dan selalu istiqomah dijalan Tuhan. Semangat Mak Nai.

Serasa jadi saodara sendiri, disayangi oleh anak gadis (Plaza Festival Kuningan)
--- Sekian ---

2 comments:

  1. salamkum saudara sulit air sepakat......
    kok buliah tau sia namo adik awak nan ancak tu.
    hun : 081288064430

    ReplyDelete
  2. salamkum saudara sulit air sepakat......
    kok buliah tau sia namo adik awak nan ancak tu.
    hun : 081288064430

    ReplyDelete