Wednesday 27 January 2016

Wisata Air Nagari Sulit Air


Siapa bilang alam nya nagari Sulit Air - susah air atau tidak ada air ?? kalau sebuah nama boleh dibilang kisah tambo sejarah masa lalu, bermula perjalanan rombongan dari Pariangan dimana Dt Mulo Nan Kawi serta permaisuri Puti Anggo Jati. Dalam dipemberhentian nya dibawah bukit Taragung (tanah lapang Koto Tuo) tidak menemukan Air yang mengalir yang ada hanya titik-titik air yang tasolek didinding batu. Namun alangkah takjub nya ketika melihat sekeliling ke indahan alam nya, terikat sudah hati si Puti Anggo jati menetap didaerah ini. Padahal tujuan sebenar nya adalah menuju kedataran impian menuju ke daerah Kubung XIII (Solok Sekarang).

Baru-baru ini, muda-mudi anak nagari dilayar sosial media sibuk mengekpresikan canda dan riang nya dalam air, justru itu berada di nagari Sulit Air. Tidak dinyana banyak warga khusus orang rantau melihat banyak sekali arena wisata yang belum tersentuh atau ikut mampir melihat pesona alam air alami tersebut. Penulis dulu sempat mengunjungi aliran air yang ada disekeliling nagari ini, ternyata suasasana nya benar-benar masih segar dan menantang. 

Saat ini coba di kunjungi kembali wahana air tersebut. Adalah muda-mudi tergabung dalam My Trip adventure Solok yang ikut memppopulerkan dengan membawa teman-teman haus akan petualangan hal-hal baru yang ada di alam. Apa Sih My Trip My Adventure Itu? mumpung ingat mari kita bahas singkat, My Trip My Adventure jika kita terjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti perjalanan saya-petualangan saya.

Jadi jika kita melakukan sebuah perjalanan, maka perjalanan itu adalah menjadi petualangan bagi kita, kita juga harus mengambil hikmah dari perjalanan yang menjadi petualangan itu, tentunya supaya bisa bisa berbenah diri dan merubah diri kita menjadi yang lebih baik lagi. Ingat yang paling penting dalam My Trip My Adventure, sikap alami Nyampah (Buang sampah sembarangan) itu tidak asik, jadi bawalah sampahmu pulang.

Untuk nagari Sulit Air yang pernah dikunjungi beberapa waktu lalu oleh muda-mudi My Trip Adventure tersebut, mereka sudah sampai ke beberapa lokasi. Diantara nya Batang Air Lubuok Uwok (jorong Basung), Air terjun Sarosa dibalik gunung merah (Jorong Siaru), Air terjun Tambulun arah menuju perbatasan nagari Pasilihan (jorong Rawang), Air terjun Lurah Barasok tidak jauh dari karambie nan sabatang perbatasan nagari Bukit Kandung (jorong Talago laweh) & Air Talago Laweh (jorong Talago Laweh).

Pertengahan bulan depan (13-14 February), dalam rencana mereka "MTA nagari Sulit Air" akan membuat even yang lebih besar lagi mengundang MTA Sumbar - Riau & memperkenalkan alam wisata dinagari Sulit Air. Semoga mendapat dukungan dari nagari & semua pihak tak lupa menjaga selalu kelestarian alam.  Aamiin, Semoga Sukses.....

Talago Laweh berlokasi dipinggir jalan lintas nagari Sulit Air
Takana dimaso ketek-ketek
Barakit-rakit ka hulu, Baranang-ranang Kamudian

Bisa untunk berdayung sampan sampai ke hilir
Tambulun Water Fall
Air nya lubuk Sarosa nan jernih, jauh dari limbah rumah tangga
Penasaran, bahkan ibu Wali Nagari (tengah) sempatkan untuk mencoba air nya yang alami
Teman-teman yang datang dari warga luar Sulit Air ikut membantu meramaikan

Kunjungan MTA ke Batu Galeh - Taram
Air nya dingin bikin semangat
Hati-hati tebing nya Curam & Licin
MasyaAllah, Satu lagi keindahan  Alam - Lurah Barasok - Air nya nan sejuk 
Anggota MTA nagari Sulit Air

Sumber : Rahmad Sha Putra
--- Sekian ---

5 comments: