Thursday 13 November 2014

Hj. Alex Suryani Walinagari perempuan Sulit Air

         
          Tepat tanggal 1 November 2014 kemaren dilansungkan Pilwali nagari Sulit air, ibu Alex Suryani dengan meyakinkan meraih 36% suara - terbanyak dari 4 kandidat calon . Bulan ini genap umur ibu Alex 53 tahun, mungkin ini adalah sebagai puncak karir beliau dan juga sebagai pengabdian kepada nagari. Wanita yang hampir 15 tahun sudah menetap dikampung halaman ini, sudah mencoba beberapa upaya untuk menapak karir lebih baik lagi.

          Sempat dua kali ikut menjadi caleg partai Demokrat pada tahun 2009 dan ikut caleg partai PPP tahun 2014, nyata nya kharisma beliau belum bisa meyakinkan suara rakyat di kec X koto diatas dan sekitar nya. Untung naluri ke-ibuan nya tidak memiliki sifat putus asa, bahkan ketika sebelum nya (H.Firdaus Kahar) suami beliau masuk penjara karena gugatan pembukuan nagari yang tidak jelas dengan yakin nya ikut serta mencalonkan pilwali Sulit Air pada tahun 2008, namun waktu itu hanya menduduki runner up atau kalah lebih kurang 92 suara. Impian sang bunda pun tertunda dan kembali berkarir sebagai guru bahasa inggris di SD 4 hybrida (unggulan) di Koto tuo.

          Orang-orang memanggil biasa nya dengan sebutan ibu Alex, mungkin dengan amanah baru sekarang sedikit bertambah jadi ibu wali. Dalam riwayat keluarga Ibu Alex Suryani memiliki empat saudara, tapi yang masih hidup tinggal dua orang  yakni ibu Sugiarti (Jakarta) dan satu orang lagi kakak beliau berada dikampung yakni bapak Ujang Rustam alias Ujang Masa. Orangtua beliau asli Sulit Air dimana ibu (alm) Hj.Rohana saad bersuku Limo singkek 8 dan ayah (alm) H.Marsidin Thaib bersuku Limo panjang. Suami beliau  adalah H.Firdaus Kaharudin Bujang Sati, merupakan wali nagari Sulit Air periode 2003-2007, serta memiliki satu anak bernama Alfina Saura yang saat ini masih kuliah di kampus Unand Padang.

          Ibu Alex Suryani dulu nya sempat belajar di SMA Don Bosco padang, dilanjutkan dengan mengambil sekolah bahasa asing ABA Prayoga diteruskan juga mengambil titel sarjana di Universitas negeri Padang. Rumah nya yang sederhana berada di jl.Gedung Timbar - Balai Lamo merangkap juga sebagai kantor Cv. usaha kontraktor suami beliau. Hal ini tentu memudahkan masyarakat untuk berinteraksi lebih dekat lagi. Ibu Alex Suryani mungkin adalah wali nagari perempuan kedua di Sumatera Barat setelah ibu Jurniwati wali nagari Tigo balai, kab Agam (koreksi jika salah). Halangan dan tantangan menembus birokrasi yang biasa nya dipegang oleh kaum pria menjadi "PR" tersendiri, tentu nya mulai hari terpilih nya semua tidak ada lagi perbedaan dan suara sumbang yang ada adalah sokongan menuntun menuju kebersamaan dan keadilan semua warga.

          Semoga terpilih nya beliau selama masa tugas enam tahun kedepan sampai 2020, bisa membawa masyarakat  kepada nagari yang menjunjung tinggi nilai Islam dan budaya Adat Minagkabau. Selain itu wali nagari bisa membuktikan transparansi keuangan dan sumber daya alam yang ada di nagari bisa menjadi kemajuan untuk seluruh mayasarakat tanpa diskriminasi terhadap sekleompok warga. Disamping itu berharap banyak bisa membawa keharmonisan terhadap lembaga Tigo Tungku Sajarangan yang damai, jauh dari bala sengketa. Kedepan nya juga dapat menfasilitasi keberadaan organisasi SAS dan IPPSA untuk bersinergi kepada Nagari Sulit Air. Semoga tercapai. Aamiin.

Bersama anak semata wayang Saura Alfina
Menunaikan ibadah Haji Bersama suami H.Firdaus Kahar

                                                        
Bersama (Alm) H.Rainal rais di rumah Jl. Kemang - Jaksel
                                                  ---- Sekian ----                                                            

1 comment: