Wednesday 8 April 2015

Dibawah panji merah putih - IPPSA berbhakti

          Dibawah kepemimpinan ketua umum terpilih dua tahun lalu, adinda Taufik Akbar sukses menyelenggarakan kegiatan peduli pendidikan untuk para pelajar di Nagari Sulit Air. Acara berlansung pada akhir bulan maret kemaren selama tiga hari mulai hari jumat sampai minggu. Kegiatan pertama adalah  pembukaan sekalian perkenalan berlansung di gedung serbaguna Balailamo, yang ikut dihadiri oleh wakil camat X koto diatas serta unsur perangkat nagari dari tigo tungku sajarangan. Selama kegiatan berlansung di isi dahulu dengan menjalin silaturahmi seterusnya ada sosialisasi penyuluhan pendidikan dan kepemudaan nagari. Tidak itu saja panitia DPP IPPSA bekerja sama merangkul teman-teman IPPSA dari Dangau, Solok dan Padang serta Bengkulu juga turut membantu dalam acara seminar pendidikan nya.

          Hari pertama Jumat tanggal 27 maret 2015 semua siswa -siswi SLTA-SLTP khusus angkatan terakhir yang hampir berjumlah 185 orang berkumpul di gedung balailamo, untuk pembukaan ini semua aparat nagari hadir kecuali Ibu Wali nagari masih berada diluar kota. Penghargaan dan rasa bangga kita sampaikan kepada DPP IPPSA sekarang, betapa tidak cuma kehadiran 2 orang yakni ketua Taufik dan wakil ketua Septian Samruci  anggota dari Jakarta dibantu dari 13 orang pelaksana cabang IPPSA Dangau, Solok, Padang dan Bengkulu mereka sanggup selenggarakan kegiatan selama tiga hari. Apresiasi juga kita sampaikan kepada DPC SAS Ciledug dengan segala daya dan upaya mampu menjembatani juga mengayomi segala kekurangan dan keterbatasan yang dihadapi DPP IPPSA, karena saat ini hampir 75 persen personel team nya berasal dari IPPSA cab SAS Ciledug.

          Bahkan dilihat dari penguasaan ilmu organisasi IPPSA mereka aktif mulai organisasi, nyaris zero pengalaman tapi dituntun dengan semangat dan contoh yang nyata seakan mereka sudah pernah menyelenggarkan even sosial berulang kali. Memasuki hari kedua yakni sabtu semua kegiatan dipusatkan di gedung PSA Gando yang dulu nya menjadi arena Musyawarah Besar SAS tahun 2013. Semua kajian dan kendala dalam menghadapi ujian nasional dibicarakan disini, disamping itu diajarkan juaga kiat-kiat untuk siap mengahadapi ujian nasional. Pada hari minggu para siswa juga dibekali dengan ilmu trik penyelesaian soal tingkat SLTA disamping itu diberi materi pemahaman kepada nilai-nilai prestasi ok - Kuliah yes.


          Melengkapi serta memperkuat daya juang para siswa menuju ujian nasional yang tidak lama lagi, tidak lupa mereka untuk memuhasabah diri pada malam senin dimasjid Ruhul Iman gando, bertawakal kepada Allah swt sesungguhanya segala sesuatu itu terjadi atas kehendak dan izin Nya. Acara muhasabah ini adalah acara tambahan serta mempunyai nilai plus nanti nya menghadapi hari 'H'. Dipandu oleh ustad Diki Astnur acara motivation training ini disudahi dengan bermunajah dengan sungguh-sungguh kepada Allah swt.

          IPPSA peduli pendidikan ini adalah even kedua yang telah diselenggarakan oleh DPP IPPSA, setelah yang pertama berlansung pada tahun 2011-2012 di kepemimpinan Wahyu Fernando SE. Pada tahun-tahun sebelum nya cabang IPPSA Padang, Solok dan Dangau juga pernah membuat even ini tapi dalam konsep yang lebih sederhana khusus menyambut Ujian nasional saja  untuk pelajar kelas 3 SLTP dan SLTA nagari Sulit Air. Bahkan penulis sendiri ikut merasakan nilai manfaat ketika diberi pelajaran tambahan yang berkwalitas dalam bentuk try out yang pernah diselenggarakan IPPSA Padang 17 tahun yang silam di aula kampus El-Hakim.  

          Memang seharus nya inilah memang yang harus dilakukukan oleh aktivis IPPSA, sekaligus juga menjembatani nilai-nilai pendidikan serta nilai-nilai sosial hingga  menuju pelajar cerdas dipupuk lebih dini. Itu juga menjawab dari keberadaan IPPSA sendiri, yang ada streotip orang umum anak-anak IPPSA hanya bisa menjadi penghibur di balailamo ketika pulang basamo, lebih dari itu seiring menguasai ilmu seni tentu dapat juga menguasai nilai-nilai edukasi untuk teman-teman pelajar di dangau. Semoga nilai pelajar di nagari Sulit Air nanti nya memuaskan dan kelulusan 100 persen untuk meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Selamat ujian ya, iringi dengan do'a.

          Tiba saat nya pada momen pulang basamo nanti IPPSA juga akan mengadakan konferensi nasional yang akan mengundang seluruh cabang-cabang, diharapkan ada kelanjutan program yang bermanfaat untuk seluruh elemen masyarakat. Siapapun ketua umum terpilih nanti nya, mampu bersinergi juga dengan semua perangkat nagari dan orang tua SAS di perantauan. Hanya organisasi IPPSA yang akan memilih ketua umum baru. Lain hal nya dengan SAS mengikuti amanat Mubes 2013 silam, pemilihan ketua umum sekarang hanya berlansung sekali 4 tahun yakni pada tahun 2017 nanti. Untuk itu DPP SAS akan menyelenggarakan pulang basamo sebaik mungkin juga diisi dengan agenda Mukernas SAS, olah raga, seni budaya, dan lain nya.
Taufik Akbar ketua umum IPPSA ke-28 setelah 64 tahun IPPSA beridiri
Rancak-rancak panitia IPPSWATI nyo
Peduli pendidikan di gedung PSA Gando

Didukung oleh sanggar tari nagari - puti anggo jati
Arahan dari konseptor acara - Ima limsik (Bengkulu)

IPPSAWAN-IPPSAWATI potensial masa akan datang
Septian Isnan (waketum) IPPSA, calon potensial ketua IPPSA ke-29
Spirit dari nara sumber yang tak kenal lelah
Gedung PSA ini nanti nya menjadi arena konferensi IPPSA nanti
Sumber: Ima Limsik dan Taufik (DPP IPPSA)

-- Sekian --

No comments:

Post a Comment